Wednesday 10 July 2013

kesederhanaan 22

(1 Juli 2012)
Malam itu, sekitar pukul sembilan, waktu sudah mulai menandakan saatnya beristirahat. Meregangkan otot-otot yg sudah dibuat tegang selama sehari penuh. Dengan alasan belum mengantuk, aku memutuskan untuk menikmati beberapa video sederhana dari Youtube. Berharap dalam hitungan kurang dari lima putaran, kantuk sudah mulai menyerangku.

TRIING. Sekotak tab mungil menghambat video Sam Tsui yang aku nikmati melalui jaringan mobile internet.

           Mba, aku udah di depan. Mau ambil baju. 
                                        <imah>                                                     

Tanpa perlu mengenakan jilbab atau bersalin, aku segera bangkit, meraih tumpukan kantong plastik yang bersandar di sudut kamar. Lalu menghambur dengan lesat menuju gerbang kost. Ah, akhirnya barang ini tak lagi memenuhi kamar.

Dari celah kecil pagar, wajah mungil Imah sudah mengintip. Mendesal, seperti ingin memasukkan kepalanya ke dalam, tak sabar. "Cepet Mba!" tukasnya memburu.

Sabar.

"Selamat ulang tahun, Dian," selepas gembok benar-benar terbuka, wajah Imah berganti dengan pemandangan sahabat baikku, Nella, yang membawa kotak dengan lilin mungil yang menyala.

Belum sempat merasa terharu, aku segera menyadari kostumku yang serba sederhana. Kaos Flexi mereh menyala dan celana batik kuning nyetar. "Ahhh... Aku belom pakai jilbaab!!" setengah berteriak aku mempercepat langkah menuju kamar. Bersalin sekilat mungin. Lilin itu tak boleh mati sebelum aku kembali.

Sekembalinya bersalin, teman-temanku sudah menyambutku di depan gerbang. Bergerombol mendekati lilin. Semua tersenyum menatap raut kikukku.

"Make a wish."

Dalam hening beberapa saat, aku memejamkan mata. Menikmati saat tenangku dengan Tuhan di tahun ke 22. Tak banyak yang aku mohon, Tuhan. Bahkan yang ada saat ini lebih dari yang aku harapkan. Terima kasih.

Wusshh.. Lilin padam. Seketika baru aku sadari bukan blackforest atau cheesecake yang menyambutku, hanya sekedar martabak manis ala kaki lima. Hihi.. Aku hampir tertawa geli. Ini kedua kalinya aku mendapati kejutan yang begitu unik dan sarat akan keserhanaan. Bukan kue atau hadiah yang menjadi momen utama, tapi ketulusan yang entah datang dari bagian mana.

Dan persis seperti dua tahun yang lalu, tujuh orang yang juga mengisi suasana malam ini mulai memasang mata "awas". Mempersiapkan kuda-kuda sembari menungguku menyuapi Nella dan Imah, sebagai bentuk formalitas first cake. Lalu setelah martabak coklat kacang ini menganggur, tangan-tangan rakus ini mulai memburu setiap potongnya dengan lahap. Seperti lupa siapa yang sesungguhnya sedang berulang tahun.

Tapi ini lah manusia-manusia yang hampir dua tahun aku panggil teman. Walah dipertemukan dalam keterpaksaan, kami akhirnya menemukan mana yang pantas disebut teman atau sebatas rekan kuliah. Setidaknya, terima kasih untuk momen sederhana ini. Ini lebih dari sekedar luar biasa. Setengah mati aku menahan bahagia yang membuncah.




It feels like a perfect night to dress up like hipsters
And make fun of our exes, uh uh uh uh
It feels like a perfect night for breakfast at midnight
To fall in love with strangers uh uh uh uh
We're happy free confused and lonely at the same time
It's miserable and magical oh yeah
Tonight's the night when we forget about the deadlines, it's time uh uh

I don't know about you but im feeling 22
Everything will be alright if you keep me next to you
You don't know about me but I bet you want to
Everything will be alright if we just keep dancing like we're 22, 22

It seems like one of those nights
This place is too crowded too many cool kids
It seems like one of those nights
We ditch the whole scene and end up dreaming instead of sleeping
We're happy free confused and lonely in the best way
It's miserable and magical oh yeah
Tonight's the night when we forget about the heartbreaks, it's time uh uh

I don't know about you but im feeling 22
Everything will be alright if you keep me next to you
You don't know about me but I bet you want to
Everything will be alright if we just keep dancing like we're 22, 22

I don't know about you, 22, 22
It feels like one of those nights
We ditch the whole scene
It feels like one of those nights
We won't be sleeping
It feels like one of those nights
You look like bad news I gotta have you, I gotta have you

I don't know about you but im feeling 22
Everything will be alright if you keep me next to you
You don't know about me but I bet you want to

Everything will be alright if we just keep dancing like we're 22, 22


Dancing like 22, yeah, 22, yeah yeah

It feels like one of those nights
We ditch the whole scene
It feels like one of those nights
We won't be sleeping
It feels like one of those nights
You look like bad news I gotta have you, I gotta have you

No comments:

Post a Comment