Monday 16 January 2012

Belajar dari seorang Ayah

Mungkin Ayah saya tidak jauh berbeda dengan Ayah pada umumnya. Bijaksana, baik, meneduhkan, dan selalu membuat bahagia setiap bertemu dengannya. Setiap kata-kata yang ayah ucapkan selalu membuat batin saya tenang. Dari kecil yang selalu saya ingat dari ayah adalah "Ilmu Berbicara" yang selalu ia sampaikan kepada saya. Ayah bilang dalam setiap percakapan itu ada seni dan cara yang berbeda-beda. Tidak semua orang bisa kita berikan treatment yang sama. Kita harus bisa membaca kondisi, sebelum memulai percakapan.


Gunakan bahasa yang baik
"Bahasa yang baik", setiap orang tentu memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang apa itu yang baik. Bisa saja menurut saya baik belum tentu menurut orang lain baik. Justru karna banyaknya paradigma tentang apa itu baik, Ayah belajar tentang memahami. Ayah bilang perbedaan sifat itu pasti ada, jadi kita harus mampu untuk belajar lebih mengerti. Kita harus bisa membuang jauh-jauh jauh rasa egois untuk terus ingin dimengerti. Singkatnya, "Jika ingin dimengerti, maka belajarlah untuk mengerti orang lain". Sama halnya dengan berbicara. Pada umumnya kita milih berbicara dengan cara kita sendiri tanpa peduli dengan siapa kita berbicara. Mau orang yang lemah-lembut, mau oang yang emosional, bodo amat!
Seharusnya kita perlu mengerti, betapa pentingnya menganalisis lawan bicara.

Seperti Ayah
Yang selalu aku kenal dari Ayah, ia selalu menggunakan kata-kata dengan pas. Bener-bener bikin kita nyaman sama setiap kata-katanya. Contohnya klo misalnya Ayah berusaha ngingetin aku klo misalnya Ayah lagi "in money trouble". Ayah cuma bilang,"Mba, agak di hemat yaa. Akhir-akhir ini kita lagi banyak pengeluaran". Sebenernya klo mau Ayah bisa aja bilang klo ga punya uang. Ayah ga pernah berusaha bikin semua orang cemas setelah mendengar ucapannya, tapi semua orang jadi mengingat kata-katanya.

Jadi, what should be?
Mungkin bukan hal yang buruk klo belajar dari yang Ayah ajarkan. Belajar memperbaiki tata bicara kita. Jadi mungkin saat kita ingin menolak sesuatu, lakukan dengan bahasa yang baik.

1 comment:

  1. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    ReplyDelete